Breaking News

Batu Bacan asal pulau Kasiruta Halmahera Selatan Maluku Utara Indonesia

Chrysocolla nama ilmiah dari batu bacan adalah tergolong batu permata atau batu mulia.Bacan,bacan,bacan dan bacan itulah fakta untuk saat ini saking tersohornya jenis batu ini baik untuk pemula maupun yang sudah kawakan seperti menjadi kewajiban mempunyai koleksi batu bacan.
artikel tentang batu bacan

Batu bacan dianggap sebagai batu hidup dikarenakan batu ini mempunyai kemampuan berproses dari yang awalnnya hitam hingga secara bertahap berubah menjadi hijau,para pakar mengatakan kecepatan berproses ini 200 kali lebih cepat dibandingkan dengan batu lain.Tidak hanya sampai proses warna tetapi juga dalam pembersihan hingga menjadi  hijau bening seperti air.Untuk mempercepat proses alami dan natural  ini biasanya pemilik hanya memakai batu ini secara terus menerus hingga berubah warnanya.Beberapa jenis batu bacan juga dapat menyerap senyawa lain dari bahan yang melekatinya.
Nama Bacan diambil dari nama pulau dan nama kerajaan di Maluku Utara,yang mampu melambungkan nama daerah asalnya hingga ke luar negeri.Pada masa kerajaan dahulu penduduk setempat,yaitu kerajaan Bacan,Tidore,Ternate,Jailolo sudah banyak memakai batu bacan ini sebagai perhiasan karena keindahan warnanya.


Batu bacan pertama kali diperdagangkan di pulau Bacan yang tidak jauh jaraknya dari pulau Kasiruta.
Batu bacan memiliki tingkat kekerasaan 7,5 skala Mohs,sejak tahun 1994 pecinta batu mulia dari manca negara sudah banyak memburu jenis batu ini.Batu bacan identik dengan warna hijau tetapi ada juga yang berwarna kuning muda,kuning tua,putih susu,bening susu dan merah.Penambangan batu bacan sendiri berada di pulau Kasiruta.
Presiden Soekarno tahun 1960 ketika berkunjung ke pulau Bacan dihadiahi berupa batu Bacan.Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ketika berkunjung ke Indonesia sempat juga diberi hadiah cindera mata berupa batu bacan oleh Presiden SBY.
Batu Bacan berkualitas yang umum beredar dipasaran dan dikenal yaitu jenis Batu Bacan Doko dan Batu Bacan Palamea,Bacan Doko kebanyakan memiliki warna hijau tua,bacan Palamea hiaju muda kebiruan.
Untuk kekerasan awal  batu Bacan antara 3-4 skala Mohs yang sudah mengkristal atau sudah mengalami proses seleksi kualitas kekerasannya mencapai 7 skala Mohs,akan terlihat mengkilat atau istilah kinclong setelah di gosok dan sudah cukup keras.